Tips untuk yang mau pasang AC

Tips untuk pasang AC  :

1. Beli di toko terpercaya dan bergaransi

belilah unit AC dari toko yang memberikan layanan pemasangan dan bergaransi, pastikan kartu garansi dapat digunakan, apabila kelak ada masalah dalam unit AC yang dibeli.

2. Perhatikan luas ruangan dan kapasitas AC

sesuaikan luas ruangan dengan kapasitas AC, dapat ditanyakan kepada penjual unit AC, menanyakan kepada tukang AC, mencari informasi di Internet, atau mencari tahu di website merek AC , atau menanyakan ke Call Centre produk AC tersebut.

    contoh untuk luas : 10 m2 gunakan kapasitas 5000 BTU (1/2 PK)
                                 14 m2 gunakan  7000   BTU             (3/4 PK)


3.  Cari Tahu hal-hal tentang Pemasangan AC

Panduan dalam memasang AC dapat di cari dari internet, menanyakan langsung ke toko AC atau teknisi AC. 
Hal yang perlu diperhatikan dalam pemasangan unit AC, seperti :

Posisi Unit Luar AC --> unit luar AC dipasang diluar ruangan dan sebisa mungkin terhindar dari sengatan matahari langsung

Posisi Unit Dalam AC --> unit dalam AC sebaiknya tidak diatas pintu ruangan, agar udara dingin tidak segera keluar, apabila pintu terbuka. Letak unit dalam AC, juga sebaiknya tidak terhalang oleh lemari, yang akan menghambat sirkulasi udara dalam ruangan.

Pekerjaan Perawatan unit AC --> pemasangan dan letak unit dalam dan unit luar harus memperhatikan letak yang tidak membuat sulit teknisi/tukang AC ketika melakukan service AC. .

Posisi Selang Pembuangan Air -->> perhatikan letak pemasangan pipa pembuangan air, dimana air dari unit dalam harus dapat keluar dengan lancar tanpa hambatan, dengan memperhatikan sifat air yang cenderung turun ketempat yang lebih rendah dan pada ujung saluran tidak masuk ke dalam air. Pada saluran yang datar, air akan tergenang, pada saluran yang menanjak, air akan tidak bergerak.

Panjang Pipa AC --> perhatikan panjang pipa AC maksimun (rata-rata 15 meter untuk 1 PK), panjang pipa standar (rata-rata 5-10 meter untuk 1PK) dan minimun pipa yang digunakan (rata-rata 3 meter).  Informasi panjang pipa dapat dilihat di buku petunjuk pemasangan. 

Ketebalan Pipa AC --> Perhatikan juga ketebalan pipa, ada yg tipis dan tebal. tentu saja pipa yang bagus lebih tebal, mudah dibengkokkan  dan kuat.

Kabel Listrik -->  standar kabel. kabel yg tidak sesuai standar, bisa mengakibatkan panas berlebih pada kabel.

Breket Unit Luar --> breket atau dudukan unit luar terbuat dari kaleng, ada yang tipis dan ada yang tebal. yang tipis gampang penyok. ada yang catnya bagus ada yang biasa saja, yang catnya cepat luntur akan membuat dudukan akan cepat berkarat.



Ilustrasi pemasangan unit AC yang disarankan






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Air menetes dari unit dalam AC

Siklus Sistem AC Split